Jangan Sembarang Parkir! Yuk, Parkirkan Mobil dengan Benar agar Aman

Bagi pengendara mobil, saat berkunjung ke suatu lokasi atau tempat wisata pasti akan mempertanyakan terkait tempat parkir kendaraan yang aman dan nyaman. Apalagi jika tempat yang hendak dikunjungi merupakan destinasi yang ramai.

Lahan parkir biasanya disediakan oleh pengelola berupa lapangan atau gedung untuk menampung kendaraan-kendaraan tamu. Karena keberadaannya yang penting, maka pengelola parkir berhak untuk membuat peraturan terkait bagaimana sebaiknya anda memarkirkan kendaraan.

Agar nyaman dan aman untuk semua pengguna lahan parkir, berikut ini adalah tips bagaimana sebaiknya anda memarkirkan kendaraan dan hal-hal yang sebaiknya diperhatikan saat memarkirkan kendaraan anda.

1. Parkirkan Tepat Di Tengah Ruang Parkir

Saat melihat area parkir, kita pasti akan menemukan ruang-ruang untuk memarkirkan kendaraan kita. Nah area itu dikenal dengan istilah Satuan Ruang Parkir (SRP), Satuan ruang parkir (SRP) adalah ukuran luas efektif untuk meletakkan kendaraan (mobil penumpang, bus/truk, atau sepeda motor), termasuk ruang bebas dan lebar buka pintu.

Karena sudah diukur secara efektif, usahakan untuk memarkirkan kendaraan kita tepat di tengah area tersebut, jangan terlalu ke tepi.

2. Hadapkan Mobil Anda ke Arah Depan

Saat memarkirkan kendaraan, sebaiknya hadapkan mobil anda ke arah depan atau menghadap jalan yang lebih luas. Tujuan menghadapkan mobil pada jalan adalah memberi kemudahan bagi anda saat meninggalkan area parkir, karena anda tinggal melaju tanpa harus melakukan manuver mundur untuk keluar dari ruang parkir dan bisa lebih berhati-hati ketika ada kendaraan yang melintas di sekitar area parkir.

3. Hindarkan Memarkirkan Kendaraan di Bahu Jalan

Walau di beberapa peraturan pemerintah daerah terdapat izin untuk memarkirkan kendaraan di bahu jalan, namun sebaiknya hindarkan melakukan ini jika masih bisa ditemui lahan parkir yang bisa digunakan untuk meletakan kendaraan anda. Selain karena alasan keamanan, ini untuk menjaga kenyamanan pengguna jalan lain.

Jika terpaksa harus memarkirkan kendaraan di bahu jalan, maka parkirkan sesuai petunjuk juru parkir atau ikuti pola parkir yang telah ditetapkan dan hindari parkir di bahu jalan dengan kondisi turunan.

Untuk beberapa kondisi, bahu jalan berbentuk turunan sangat berbahaya ketika dimanfaatkan sebagai tempat untuk parkir.  Ketika mobil berhenti di tempat yang memiliki kemiringan, beban akan tertumpu pada sistem pengereman dan ban.

4. Jangan Menyimpan Benda Berharga di Dalam Mobil

Jangan pernah menyimpan benda berharga didalam mobil anda, terutama di tempat yang mudah dilihat seperti dashboard mobil atau jok mobil anda. Jika harus menyimpan barang didalam mobil, usahakan untuk meletakannya di bawah jok atau di dalam dashboard (jika ukurannya tidak terlalu besar).

Kenyamanan dan keamanan kendaraan di tempat parkir merupakan tanggung jawab kita juga, oleh sebab itu jadilah pengemudi yang cermat dengan mengikuti setiap peraturan yang ditetapkan oleh pengelola parkir.