Setir Mobil Anda Sering Bergetar Mungkin Ini Penyebabnya

Kendali yang nyaman bisa ditandai dengan responsifnya setir terhadap pergerakan mobil saat melaju di jalan raya. Tapi pernahkah Anda merasa setir mobil Anda bergetar saat melajukan mobil Anda pada kecepatan tertentu? Mungkin ini salah satu penyebabnya.

Ban Mobil Anda Bocor atau Kurang Angin

Salah satu alasan paling mendasar saat setir mobil terasa bergetar adalah mungkin ban mobil Anda dalam kondisi kurang tekanan atau bocor. Ban mobil yang kurang tekanannya bisa membuat mesin mengeluarkan tenaga lebih besar dan getarannya terasa.

Jika demikian, ada baiknya Anda menepikan kendaraan Anda untuk memeriksa apakah ban Anda bocor atau kekurangan tekanan tersebut. Jika Anda kebetulan pengguna ban mobil Bridgestone, beberapa seri ban diproduksi dengan dilengkapi teknologi RFT atau Run Flat Tire. Dengan teknologi ini, Anda bisa menepikan kendaraan Anda dengan nyaman dan aman.

Pengaturan Keselarasan Ban yang Kurang Tepat

Keselarasan ban adalah pengaturan kombinasi sudut-sudut pada roda yang besarnya harus memenuhi persyaratan tertentu agar:

  • Kendaraan berjalan lebih stabil
  • Mudah dikendalikan dan ringan sewaktu berbelok
  • Pengemudi lebih nyaman dalam mengendarai kendaraan
  • Mengurangi keausan ban

Pengaturan keselarasan ban bisa meliputi pengaturan sudut chamber, sudut toe hingga ke caster. Sedangkan besarnya keselarasan disesuaikan dengan jenis kendaraan dan kenyamanan tiap pengguna. Untuk mendapatkan keselarasan yang terbaik, direkomendasikan agar Anda segera menghubungi bengkel rekanan resmi atau bengkel langganan Anda.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Rotasi Ban untuk Kenyamanan Berkendara

Tidak Menyeimbangkan Ban dengan Baik

Wheel balancing atau keseimbangan ban adalah cara untuk memastikan ban berputar di poros dengan nyaman. Kondisi stabil yang didapat karena gaya-gaya yang terjadi dikompensasi ke seluruh permukaan ban. Biasanya untuk mengukur kompensasi gaya ini digunakan sebuah timah balance yang beratnya variatif tergantung kebutuhan balancing yang hendak dilakukan. Untuk memperbaiki masalah ini Anda bisa melakukan Static Balancing atau Dynamic Balancing.

Jika Anda belum memiliki pengalaman bagaimana melakukan balancing, ada baiknya Anda menghubungi bengkel terdekat atau teknisi professional untuk melakukan hal ini. Toko Model sebagai jaringan resmi Bridgestone siap membantu Anda.

Hal-hal tersebut di atas merupakan sebagian kecil penyebab mengapa setir mobil Anda sering bergetar saat melaju. Jika hal-hal di atas tidak terdeteksi menjadi salah satu penyebabnya, mungkin waktunya Anda untuk melakukan tune-up bulanan.