Ternyata, Ini Dia 4 Kebiasaan yang Bikin Umur Ban Cepat Habis

Umur ban adalah jangka waktu berapa lama ban dapat digunakan, hal ini erat kaitannya dengan ketebalan telapak dan kenyamanan saat berkendara. Saat ban masih prima, kita bisa merasakan nyamannya sistem pengereman, merasa aman saat melaju di jalan basah saat hujan atau berlumpur.

Umur ban bisa cepat habis akibat banyak faktor, salah satu faktor nya adalah kebiasaan dari pengguna kendaraan itu sendiri. Dan berikut ini adalah 4 kebiasaan yang sering menjadi penyebab umur ban cepat habis, yuk simak.

1. Lupa Menjaga Tekanan Angin

Tekanan angin menjadi faktor pertama untuk menjaga ban memiliki umur panjang. Lupa menjaga tekanan angin yang sesuai rekomendasi produsen ban, dapat membuat umur ban cepat habis. Dengan tekanan angin yang sesuai standar, maka pemakaian ban dan keausan tinggi kembang ban menjadi lebih rata dan optimal.

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap tekanan angin anda sebelum melakukan aktivitas dengan mobil. Isikan tekanan ban anda dengan Gas Nitrogen akan membantu menjaga tekanan ban tetap optimal.

2. Tidak Melakukan Spooring dan Balancing

Tidak banyak yang mengetahui bahwa spooring dan balancing merupakan faktor penting lain untuk menjaga umur ban tetap optimal. Spooring seperti penentuan sudut camber yang ideal, sudut toe hingga caster mobil.

Dengan spooring dan balancing yang sesuai rekomendasi produsen mobil atau tenaga ahli, anda bisa menjaga umur ban lebih panjang.

3. Membawa Beban Berlebih

Beberapa kendaraan memang dirancang sebagai kendaraan pengangkut, namun ban yang digunakan pun memiliki index beban standar yang harus dipahami oleh pemilik kendaraan. Karena saat mobil diberikan beban yang melebihi batas Beban yang ditujukan pada index beban, maka dikhawatirkan akan terjadi kerusakan ban.

4. Kebiasaan Dalam Melakukan Pengereman

Mengerem kendaraan pun ada caranya agar ban mobil tidak cepat habis usia pakainya. Terutama untuk mereka yang biasa melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Karena pengereman yang mendadak setelah melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi, bisa menjadikan ban mobil anda aus tidak rata.

Sangat tidak disadari bukan? ternyata empat hal tersebut dapat membuat ban kita memiliki usia pakai yang lebih pendek. Mulai dari sekarang, bijaklah dalam merawat ban, karena ban merupakan komponen untuk berkendara dengan aman dan nyaman.


Jika memang sudah tiba waktunya untuk mengganti ban, anda bisa mengunjungi katalog produk di https://www.tomonet.co.id/product/. TOMOnet sebagai web resmi yang melayani pembelian ban online melalui jaringan resmi Bridgestone yaitu Toko Model (TOMO) memberikan keamanan, kenyamanan dan kemudahan dalam merawat dan membeli ban Bridgestone.